9.04.2014

Wisata Bahari di Pangandaran

wisata di pangandaran
Wisata Bahari dan Wisata Alam di Pangandaran, Pangandaran tidak hanya menikmati panorama pantainya saja, anda tidak hanya dapat pemandangan pantai sunset dan sunrise, banyak hal lainnya yang bisa dilakukan disini mulai dari bersepeda, wisata perahu, aneka permainan watersport, snorkeling, diving hingga trekking dan safari satwa di Taman Wisaa Alam Pangandaran.

Menjadikan Pangandaran sebagai tujuan wisata untuk anda, keluarga atau kelompok anda sangatlah tepat. Disamping menikmati pesona baharinya, juga sebagai media pendidikan bagi anak-anak anda dari sejak dini mengenal alam secara langsung. Pantai Pangandaran menjadi obyek wisata alam andalan kabupaten Pangandaran yang pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di pulau Jawa menurut AsiaRooms, salah satu website wisata internasional.

Terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, persisnya di desa Pananjung, kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai Pangandaran berada di semenanjung pantai selatan Jawa Barat atau sekitar 91 km dari Ciamis. Pangandaran memiliki pasir pantai hitam dan putih sekaligus, dengan ombak yang tenang dan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler. Resor cantik ini menghadap ke Samudera Hindia, berjarak 223 Km dari Bandung dan 400 km dari Jakarta, dan terletak di pertengahan antara Bandung dan Yogyakarta.

Transportasi dan Rute Menuju Pangandaran

pesawat terbang ke Pangandaran
Layanan Penerbangan dari Jakarta - Pangandaran yang dilayani setiap hari, menyingkat perjalanan anda
Wisatawan dari Jakarta dan Bandung dapat mencapainya melalui rute Tasikmalaya - Banjar - Pangandaran, anda bisa menggunakan jalur anggkutan umum, bus pariwisata atau kendaraan pribadi. Waktu tempuh dari Bandung - Pangandaran dapat di capai antara 5-6 jam perjalanan, dan umunya dipilih berangkat malam hari sehingga sampai pagi saatnya menikmati pesona laut pasir putihnya lengkap dengan panorama matahari paginya.

Dari Jakarta, Umumnya perjalanan dittempuh saat malam hari dan tiba sebelum matahari terbit, Pangandaran dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 6-8 jam dengan jarak 358 km melalui rute Bandung - Tasikmalaya - Banjar - Pangandaran.  Sangat disarankan menggunakan cadangan sopir untuk saling bergantian selama berkendara.

Angkutan Umum, Anda bisa menggunakan Bus dari Kampung Rambutan Jakarta (358 km) langsung menuju terminal Pangandaran yang berangkat hampir setiap jam dari pagi. Dari Bandung 236 km, naik Bus Budiman dengan rute Bandung - Tasikmalaya - Banjar - Pangandaran, pilihan lain bisa juga naik Elf. Dari Yogyakarta 380 km naik Bus jurusan Yogyakarta-Cilacap-Kalipucang-Pangandaran

Jalur Udara Jakarta dari bandara (Halim Perdana Kusuma - HLP) - Pangandaran Nusa Wiru dengan jasa penerbangan Susi Air menyediakan layanan paling mudah, cepat dan aman menuju Pangandaran. Dalam setiap hari rute Jakarta - Pangandaran dilayani satu kali penerbangan.

Menikmati Matahari di pantai Pangandaran

sunrise pangandaran
Anda akan dapat menikmati spot yang unik, karena diapit oleh dua pantai, pantai Pangandaran timur dan barat, maka anda dapat menikmati sekaligus pemandangan terbitnya matahari dan saat senja, sunset dan sunrise pada lokasi yang sama dalam satu hari.
Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut, bisa juga disebut sebagai daratan yang dikelilingi oleh laut pada ketiga sisinya. Tanjung juga kebalikan dari Teluk. Tanjung yang luas disebut dengan Semenanjung atau Jazirah.
Karena posisi Pangandaran terletak di semenanjung atau tanjung, menjadikannya sebagai lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise dan sunset dalam satu waktu (sehari). Anda tinggal mencari posisi yang paling tepat untuk menjemput dan mengantar sang Mentari berpendar saat pagi atau menjelang senja.

Beragam Aktivitas Wisata yang bisa jadi Pilihan di Pangandaran

Selepas Tsunami pada tahun 2006, Pangandaran sudah berbenah dengan baik, sebut saja saat ini sebagai pantai yang sibuk dan padat oleh geliat para pelaku pariwisata. Pangandaran jelas bukan lokasi wisata yang hening dan sepi, berbagai macam aktivitas yang ditawarkan lengkap dengan sarananya.

Dipinggir-pinggir jalan, anda bisa menyewa sepeda dengan beragam bentuk dan desain untuk berdua atau malah sekeluarga, penyewaan wahana air bisa anda temui di pinggiran pantai, termasuk perahu wisata untuk berkeliling sekitar area semenanjung. Dibawah permukaan air, anda bisa mencoba aktivitas snorkeling atau diving dan Pangandaran juga memiliki kawasan hutan yang dikelola oleh Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam di Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pananjung.

Keliling Pangandaran dengan Bersepeda atau ATV

keliling pangandaran dengan sepeda
Pagi hari atau sore di Pangandaran, gunakan aktivitas yang ringan bersama keluarga atau rombongan dengan berkeliling Pangandaran menggunakan sepeda. Di pinggir-pinggir jalan anda tidak akan kesulitan menemukan rental sepeda, mulai dari kapasitas untuk dua orang hingga berempat atau lebih dan dengan bentuk bervariasi dengan hiasan dan lampu warna-warni untuk malam hari.

Harga sewa sepeda tandem, mulai dari Rp. 25.000 - Rp. 50.000/jam

Aneka Wahana dan Permainan Air

banana boat
Banana Boat, salah satu wahana permainan air di pantai Pangandaran
Tidak hanya Banana Boat dari sejauh ini yang anda kenal dengan wahana permainan air, masih banyak jenis lainnya di Pangandaran yang bisa memuaskan adrenalin para wisatawan. Yang lainnya adalah Big Marble, Gladiator, Extreme UFO, Manta Expedition, Extreme Trapoline, Dragon Boat, Jumper Super Extreme, Aqua Glade Flyfish dan Butterfly.

Permainan yang paling mengasikkan dan menantang adrenalin adalah Flyfish, dengan wahana ini dua orang pemainnya bisa terbang dan melihat pemandangan sekitarnya dari atas. Jika pengen yang lebih extreme lagi, anda bisa mencoba Parasailing (parasut terbang) yang ditarik dengan perahu dengan kecepatan tinggi.

Harga Sewa Wahana Permainan Air, tiap permainan seperti Banana Boat dan sejenisnya dihargai untuk tiap orangnya sebesar Rp. 50.000/permainan. Satu paket permainan (tiga macam permainan air) dibandrol Rp. 100.000/orang [harga sewa Wahana Air]

Mengarungi Samudra dengan Perahu Wisata

perahu wisata Pangandaran
Melintasi samudra dengan perahu wisata tidak kalah serunya, anda bisa menuju laut bebas samudra Indonesia dari pantai timur mengitari semenanjung dan berlabuh di pantai barat Pangandaran, atau sekedar berkeliling di beberapa spot unik disekitar pantainya. Di pantai Timur anda akan diantar ke Batu Layar, Batu Buaya dan spot unik lainnya, para penyedia perahu juga akan menawarkan paket snorkeling di Taman Laut Pangandaran.

Harga sewa perahu, dengan kapasitas 10 orang perahu anda bisa memilih jarak dan durasi waktu yang diinginkan dengan kisaran harga sewa mulai Rp.20.000 hingga Rp. 50.000 per orang.

Menyelami Panorama Bawah Laut dengan Snorkeling

snorkeling di pangandaran
Sambil menyelam bersama ikan-ikan kecil di Taman Laut Pantai Timur Pangandaran
Kurang lengkap jika belum melihat pesona bawah air Pangandaran, dan aktivitas yang menarik adalah menyelam sambil memberi makan ikan-ikan kecil yang tak terbilang jumlahnya. Lokasi snorkeling di pantai Timur Pangandaran adalah di Taman Laut, tidak jauh dengan area Cagar Alam Pangandaran.

Harga paket snorkeling, untuk fasilitas gogle dan snorkel perorang kena biaya sewa Rp.15.000/jam/orang

Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran

merak hijau di cagar alam pangandaran
Merak Hijau, hasil penangkaran di Taman Wisata Alam & Cagar Alam Pangandaran
Setelah puas menyelami air asin dan kehidupan alam baharinya, sempatkan melakukan kunjungan ke Cagar Alam Pangandaran dan temukan hidupan liar (wildlife) di area yang tertutup dan dilindungi ini.

Untuk memasuki kawasan Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran, anda dikenai karcis masuk secara terpisah.

Hari Biasa: Rp. 15.000/orang
Hari Libur: Rp. 20.000/orang

*Harga berlaku untuk wisatawan Nusantara

Biaya Tiket Masuk Objek Wisata Pangandaran

pintu gerbang pangandaran
Pintu Gerbang memasuki kawasan wisata Cagar Alam
Memasuki kawasan obyek wisata Pangandaran, semua kendaraan akan melewati pintu gerbang utama dan membayar retribusi masuk kawasan wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata PERINDAGKOP dan UMKM Kabupaten Pangandaran. Rincian lebih detail untuk karcis masuk adalah termasuk asuransi wisata, sampah, parkir dan wisata dengan harga masing-masing berdasarkan jumlah dan besaran kendaraan yang anda gunakan:

1. Orang - Rp. 3.300,-
2. Motor -Rp. 7.500,-
3. Jeep - Rp. 9.000,-
4. Carry - Rp. 36.000,-
5. L.300 - Rp. 51.000,-
6. Bis Kecil - Rp. 68.000,-
7. Bis Sedang - Rp. 106.000,-
9. Bis Besar - Rp. 172.000,-

Silahkan lihat rincian karcis masuk untuk detailnya disini [karcis masuk]

Akomodasi dan Fasilitas Wisata di Pangandaran

dari hotel Menara Laut
dari Menara tertinggi di Hotel Menara Laut, memandang luas ke Samudra Pangandaran
Cukup lengkap dan memadai, sarana penginapan mulai dari hotel berbintang hingga home stay berjajar di sepanjang jalur pantai, tinggal menyesuaikan budget anda untuk memilih lokasi yang nyaman dan menarik. Ada seratus lebih daftar hotel yang bisa anda lihat di tabel ini.

Kuliner dan Belanja di Pangandaran

pecel pangandaran
Seafood, tidak lengkap jika anda datang ke Pangandaran tapi tidak mencicipi makanan enak berbahan dasar dari olahan laut ini. Oleh karena itu di Pangandaran sangat banyak rumah makan yang menyajikan seafood sebagai menu andalannya. di Pantai Timur Pangandaran beberapa restauran menyajikan menu nasi goreng udang atau nasi goreng cumi-cumi ditemani dengan cah kangkung atau cah genjer. Tapi tidak hanya ini saja menu yang tersedia, masih banyak lainnya yang mengundang selera.

Pilihan lainnya selain seafood juga tersedia, seperti sate, ayam panggang dengan sajian khas kuliner ala Sunda. Intinya di Pangandaran anda tidak akan kecewa dengan berbagai macam pilihan kulinernya. [daftar restauran & Cafe]

Destinasi lainnya yang Wajib dikunjungi di Pangandaran

green canyon pangandaran
Berwisata di Pangandaran, sebaiknya anda menyiapkan waktu yang cukup agar bisa menjelajah beberapa destinasi lain yang tidak terlalu jauh dan mudah diakses, tiga hari dan dua malam adalah waktu yang cukup jika anda berangkat dari Jakarta / Bandung. Bisa diatur menginap satu malam di Pangandaran dan malam berikutnya di pantai Batu Karas.

pantai Batu Hiu, disebut sebagai pantai dengan batu karang yang tajam dan gelombang lautnya yang besar. Tidak bisa dipakai untuk berenang di pantai ini, paling tepat adalah untuk bersantai, berfoto atau lokasi makan siang. Juga tidak ada Hiu, namanya di identikkan dengan batu karang yang sosoknya menyerupai sirip ikan Hiu.

Tidak jauh dari pantainya, anda bisa berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke penangkaran Penyu Laut yang dikelola oleh Kelompok Pelestari Biota Laut - Batu Hiu. Berbagai jenis penyu yang berhasil diselamatkan dan dikembalikan ke alam, anda bisa melihat, memegang dan berphoto-photo dengan penyu-penyu yang sudah jinak dan dalam proses pemeliharaan. Tidak ada biaya sepeserpun untuk memasuki kawasan ini, kecuali anda dengan sukarela memberikan bantuan untuk visi pelestarian penyu dan habitatnya.

pantai Batu Karas, jika mencari pantai dengan suasana hening dan sepi disinilah tempat yang pas, situasinya berbeda dengan Pangandaran yang sibuk. Agenda wisata dengan pasangan (honeymoon) adalah pilihan yang tepat untuk Batu Karas, sudah cukup dikenal bagi kalangan turis mancanegara sebagai lokasi tujuan untuk berselancar (surfing). Jika di Pangandaran jarang menemui pelancong dari luar Nusantara, disini anda akan lebih sering menjumpainya.

Cukang Taneuh atau Green Canyon, jika anda datang berkelompok atau dengan rombongan besar, jangan lewatkan untuk kunjungi Green Canyon, khususnya untuk aktivitas Body Raftingnya, mengarungi aliran jeram sungai Cijulang sejauh 5 km atau dengan waktu tempuh 3-4 jam. Jika berdua atau dengan keluarga, wisata dengan perahu dan berenang di Green Canyon pasti mengasyikkan.

Pesona Pagi di Pantai Timur Pangandaran


Peta Lokasi Wisata Pangandaran


Paket Wisata Pangandaran & Body Rafting

Berwisata bersama rombongan, baik keluarga atau teman kantor, anda tidak perlu ribet mempersiapkan semuanya sendiri. Silahkan pilih berbagai macam penawaran Paket Wisata dan Paket Body Rafting di bawah ini.

paket body rafting paket wisata pangandaran

1 komentar :

Silahkan Booking melalui formulir komentar dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan alamat e-mail atau
kontak telepon/WA +62 812-8265-733 untuk segera bisa kami hubungi.