8.30.2015

Pantai Karang Tajam Batu Hiu

wisata pantai batu hiu
Ombaknya ganas dan batu karangnya tajam, tapi pantai Batu Hiu tempat yang nyaman untuk bersantai
Pantai Batu Hiu, ombaknya cukup besar menghantam dan mengikis batu-batu karang yang berada di pinggiran pantai sehingga membentuk sosok sirip ikan Hiu, sosok batu inilah yang menjadi alasan nama pantai Batu Hiu.

Pantai Batu Hiu adalah salah satu pilihan menarik lainnya sebagai destinasi wisata di Pangandaran. Lokasinya terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Pantai ini memiliki panorama yang indah, selain pemandangan ombak yang saling susul. Di pantai ini juga terdapat pusat penangkaran penyu laut yang bebas kita kunjungi.

pintu masuk kepala hiu

Pantai Batu Hiu bukan lokasi yang tepat untuk berenang, melainkan tempat untuk bersantai, setelah Anda dan rombongan lelah terkuras menikmati pesona underwater Pangandaran atau trekking di Taman Wisata Alam & Cagar Alam Pangandaran. Ada banyak tempat teduh yang disediakan untuk duduk bareng menikmati pesona dan ganasnya ombak Batu Hiu, bagi pecinta fotografi, pastikan anda membawa semua perlengkapannya.
Pintu masuk utama adalah sebuah gua yang berbentuk kepala Hiu besar, ketika Anda berada di dalam gua seolah-olah Anda sedang berada di dalam rahang hiu, dengan banyak gigi yang tajam.
Di atas bukit, Anda dapat menyaksikan dan mendengarkan gemuruh gelombang besar bergulung ke bawah dan menghancurkan batu pantai. Tempat ini dihiasi oleh pepohonan Pandan Wong (semacam palem) yang cantik. Di Batu Hiu terlihat pesonanya saat matahari mulai redup, menjelang senja berpendarnya matahari menjadi daya tarik tersendiri.

Konservasi Penyu Di Batu Hiu

sea turtle conservation
Sempatkan untuk melakukan kunjungan ke area Konservasi Penyu Laut yang lokasinya tidak jauh dari pantai, cukup berjalan kaki sepuluh menit anda sudah berada di lokasi Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu.

Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu berdiri atas inisiatif Bapak Didin yang didasari keprihatinan atas semakin maraknya perburuan dan pengambilan penyu untuk konsumsi maupun perdagangan, dengan memburu penyu dewasa hingga telurnya di awal tahun 80-an. Semua inisiatif atas idealisme Pak Didin dibangun atas dasar swadaya dan swadana hingga saat ini.

lokasi untuk berphoto penyu

Tidak dipungut biaya apapun untuk bisa melihat dari dekat penyu, hanya tersedia sebuah kotak kayu jika anda berniat mendonasikan secara sukarela untuk mendukung aktivitas beliau dan kelompok dalam perlindungan satwa langka di Indonesia.

Video Pantai Batu Hiu Pangandaran

3 komentar :

  1. subhanalloh.. wiih.. mantep banget.. next trip welcome to batuhiu

    BalasHapus
  2. selamat pagi.
    apakah saya bisa minta kontak bapak didin? saya ingin melakukan penelitian tentang penyu di batu hiu, terima kasih.

    BalasHapus
  3. saya belum sempat ke penangkaran penyu nih.. mudah2an nanti bisa mampir. :)

    BalasHapus

Silahkan Booking melalui formulir komentar dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan alamat e-mail atau
kontak telepon/WA +62 812-8265-733 untuk segera bisa kami hubungi.