2.03.2015

Penangkaran Penyu di Pantai Batu Hiu

penyu laut batu hiu
Pantai Batu Hiu merupakan salah satu destinasi wisata ketika anda berkunjung ke Pangandaran. Tepatnya terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Pantai ini memiliki panorama yang indah, selain pemandangan ombak yang saling susul. Di pantai ini juga memiliki bukit karang yang cukup besar ditumbuhi rerumputan dan pohon Pandan Wong.

Bukit ini memiliki gerbang berbentuk mulut hiu yang terbuka lebar, jadi ketika kita ingin menaiki bukit tersebut seolah-olah kita masuk kedalam mulut hiu. Ketika berada diatas bukit kita disambut dengan sejuknya angin yang berhembus tiada henti dan pemandangan samudra Indonesia yang luas.
Ada beberapa bagian bukit yang menjorok kearah laut dan dibagian terluar dibuat gazebo untuk menikmati pemandagan laut dengan ombaknya yang saling bersambut
Tidak jauh dari pantai terlihat sebongkah karang yang menjulang keatas, ketika air pasang karang ini berbentuk seperti sirip hiu jika dilihat dari atas bukit, karna itulah mengapa pantai ini dinamakan pantai batu hiu.

Bukit karang yang menjorok di Batu Hiu
Sayangnya dipantai ini kita sulit untuk berenang, karena cukup banyaknya ubur-ubur di pantai ini. Namun kita tidak perlu khawatir jika hanya sekedar bermain ditepi pantai.

Inisiatif mandiri peduli dengan Penyu Laut

tukik, anak penyu
Jangan sampai terlewatkan untuk berkunjung melihat penangkaran penyu yang hanya ada dipantai ini. Uniknya penangkaran penyu ini hanya dikelola oleh satu orang dengan keluarganya yang peduli dengan habitat laut, beliau mendedikasikan dirinya untuk kelangsungan hidup hewan yang sudah langka ini. Peran pemerintah belum dirasakan oleh beliau selama dari tahun 1982 sampai dengan saat ini.

Hanya mengandalkan rasa peduli akan pentingnya ekosistem alam beliau tidak pernah mengeluh dan memohon bantuan dari pihak manapun untuk ratusan ekor penyu yang ada dipenangkarannya. Cita-cita beliau sangat sederhana, ingin cucu dan cicitnya bisa mengenal penyu bukan dari cerita atau gambar, namun bisa melihat langsung bahkan menyentuhnya.

pak didin dan pengunjung
Untuk melihat penangkaran penyu ini kita tidak dipungut biaya apapun oleh pemiliknya. Begitu memasuki halamannya, beliau langsung menyambut dengan senyuman hangatnya dan langsung mengantarkan kita untuk mengenal penyu-penyu yang ada di penangkarannya,  Pengalaman beliau dan informasi yang dimilikinya membuat kita banyak mendapatkan ilmu dan pentingnya menjaga habitat laut demi kelestariannya.
Ada kotak persegi berwarna hitam dengan lubang kecil yang ada didekat pintu masuk, dan diatasnya tertulis pemberian anda untuk membantu membeli makan penyu-penyu disini.
Sangat wajar kita memberikan sedikit apa yang kita miliki dari apa yang telah kita dapat didalamnya. Yang ia lakukan adalah untuk keseimbangan alam dan ekosistem laut, layaknya dapat perhatian dan dukungan dari kita semua.

1 komentar :

  1. Selamat siang team go green canyon,
    mohon ijin untuk mengambil salah satu gambar yg ada di artikel ini untuk di sematkan di blog saya.
    link back saya cantumkan menuju gogreencanyon.com
    jika berkenan silahkan kunjungi blog saya untuk mengecek,
    http://pangandaranesia.com/lebih-dekat-dengan-para-penyu-di-penangkaran-penyu-batu-hiu-pangandaran/
    dan jika tidak berkenan dengan pengambilan gambar, silahkan hubungi saya untuk kemudian saya hapus

    Terimakasih Go green canyon, smoga sehat selalu

    BalasHapus

Silahkan Booking melalui formulir komentar dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan alamat e-mail atau
kontak telepon/WA +62 812-8265-733 untuk segera bisa kami hubungi.