9.17.2015

Pindang Gunung, Sajian Khas Pangandaran

pindang gunung pangandaran
Pangandaran, tidak saja terkenal dengan pesona pantainya, melainkan juga dengan sumberdaya lautnya yang melimpah. Beberapa jenis yang kita kenal adalah ikan Bawal, Kakap atau Tongkol. Namun jika disajikan dengan resep dan menu ala restaurant sea food seperti saus asam manis, bumbu padang atau jadi ikan bakar pasti udah biasa saja rasanya, di kota-kota besar juga banyak berjejer yang menawarkan resep tersebut.

Nah, di Pangandaran ada sedikit yang beda, resep "Pindang Gunung" namanya, dari namanya aja pasti timbul pertanyaan emang kita mau makan Pindang di Gunung? atau emang bisa Gunung di pindang? hehehe

Pindang Gunung adalah sejenis sup ikan berkuah dengan bumbu khas Sunda. Pindang gunung merupakan sajian khas yang turun-temurun dinikmati oleh masyarakat di sekitar Pantai Pangandaran. Hidangan khas masyarakat Pangandaran itu menggunakan rempah-rempah tradisional. Ikan kakap merah diolah bersama racikan bumbu yang tidak hanya wangi, tetapi juga kaya rasa.

Honje? adalah Rahasianya..

Rahasia kelezatan pindang gunung terletak pada bumbu kuncinya yaitu honje atau kecombrang dan daun kedondong sebagai penyedap. Honje digunakan untuk menambahkan cita rasa segar-segar asam. Pada zaman dahulu, pindang gunung aslinya dimasak dengan kedondong muda dan daunnya. Hasilnya adalah sajian pindang gunung yang menggoda nikmat sekali disantap selagi panas selepas berenang di pantai.

Saat pindang gunung terhidang di depan meja makan, aromanya pasti mengundang selera. Asam segar pedas bersatu dengan serai, daun ruku-ruku, dan lengkuas, membuat setiap suapan potongan kakap berpadu dengan harum kuah pindang gunung.

Saat masih hangat, Pindang Gunung sangat nikmat. Paling pas dinikmati tanpa nasi. Santap juga daun kedondong dan ruku-rukunya, teksturnya lembut dengan cita rasa asam dan segar yang kuat.

Resep Sunda sejak Jaman Doeloe Kala

Pindang Gunung merupakan resep Sunda buhun yang cukup terkenal di kawasan Priangan Timur sejak masa lalu dan mulai populer kembali saat Pangandaran menjadi Daerah Otonom Baru dengan nama Kabupaten Pangandaran dari tahun 2013. Akhirnya para wisatawan pun mulai digiring untuk mencoba dan mencicipi menu baru andalan khas Pangandaran ini.

Pindang Gunung di Banyu Sagara

kuliner khas pangandaan, pindang gunung
Untuk mencari rumah makan yang menyajikan Pindang Gunung, Lokasinya tidak jauh dari dermaga perahu Green Canyon, anda tinggal jalan kaki dari parkir timur Green Canyon sekitar 500 meter dan akan menemukan restauran lokal Banyu Sagara langganan kita. Asik kan... abis Body Rafting seharian di sungai Cijulang, selepas bersih-bersih kita tutup aktivitas wisata dengan kuliner khas Pangandaran.

Penasaran yak? nah tunggu liburan berikutnya dan jadikan Pangandaran atau Green Canyon sebagai destinasi wisata anda berikutnya dan jangan lupa jadikan Pindang Gunung sebagai menu yang ikut hadir menemani acara wisata anda..

Poskan Komentar

Silahkan Booking melalui formulir komentar dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan alamat e-mail atau
kontak telepon/WA +62 812-8265-733 untuk segera bisa kami hubungi.