5.24.2016

Jus Honje, Minuman Khas Pangandaran

wisata kuliner pangandaran
Hanya masyarakat Pangandaran yang dikenal baik bisa mengolah Honje menjadi sajian lokal yang unik dan memperkaya resep masakan dan minuman Nusantara. Resep sup ikan khas Pangandaran Pindang Gunung dan minuman segar Jus Honje, keduanya menggunakan bahan dasar rempah Indonesia, Honje atau Kecombrang (etlingera hemisphaerica) yang memiliki cita rasa unik dan berbeda dibanding dengan jus-jus lainnya.
Jus Honje atau Kecombrang. Bunga yang baunya tajam ini ternyata bisa dibuat jus. Rasanya tetap tajam dan masam. Tapi karena digulai, manis jadinya. After tastenya getahnya terasa. Tetap enak!!

Honje, Bunga Dengan Banyak Nama Nusantara

Bagian yang paling dikenal dari Honje adalah bunganya dan di Nusantara dikenal dengan banyak nama-nama lokal. Bunga Kecombrang di Jawa, Honje disebut bunga kencong atau kincung di Sumatra Utara, bongkot di Bali, asam patikala di Kalimantan Selatan, asam cekala di Tanah Karo, jaung di Kalimantan Timur, sedangkan di Malaysia, bunga honje disebut bunga kantan, dan dalam bahasa Inggris disebut torch ginger. Honje juga mempunyai nama latin yaitu Etlingera elatior, dan sinonim lainnya adalah Nicolaia elatior, Alpinia magnifica, , Phaeomeria speciosa, Phaeomeria magnifica, Nicolaia speciosa dan Alpinia elatior.

Honje dan Dunia Kuliner

Lazimnya, rempah khas Indonesia ini bagian bunganya banyak di manfaatkan sebagai bahan campuran atau bumbu masak aneka resep Nusantara. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal.

Di Jawa Barat, kuntum bunga ini seringkali dilalap atau direbus dan dimakan dengan sambal atau sebagai bahan campuran sayur asam dan pepes ikan. Di daerah Banyumas, honje yang dikukus juga dijadikan sebagai bahan campuran pecel. Nasi Megana di Pekalongan juga menggunakan bunga honje yang diiris-iris sebagai bahan campuran urap. Masakan Batak populer, Arsik Ikan Mas, menggunakan honje sebagai bumbu yang sangat penting. Bunga honje juga dapat dimakan sebagai pecal seperti yang sering dilakuan orang-orang di Tapanuli Selatan.

Jus Honje, Pilih Yang Fresh atau Kemasan

Honje yang dijadikan sebagai minuman jus ini berbeda dengan jus yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan. Honje yang biasa digunakan untuk masakan biasanya berwarna merah muda, sedangkan honje yang dimanfaatkan untuk minuman jus ini berwarna merah tua atau yang sering disebut dengan nama honje laka.

wisata kuliner pangandaran

Dengan menggunakan honje laka yang berwarna merah tua, maka hasil jusnya akan lebih menarik karena warna minumannya akan lebih merah daripada menggunakan honje yang biasa digunakan untuk masakan yang berwarna merah muda.

Kini, selain tersedia jus honje dalam kemasan, pengembangan lanjutannya adalah sirup honje. Anda bisa bawa sebagai oleh-oleh di rumah atau minuman selama perjalanan dan wisata di Pangandaran.

Kecamatan Mangunjaya adalah penggagas awal dalam pembuatan resep honje sebagai minuman segar dalam kemasan, tapi saat ini sentra pengolahannya sudah menyebar di beberapa kecamatan lain Pangandaran, Kecamatan Parigi dan Cijulang aktif ambil bagian juga dalam pengolahan bunga honje ini menjadi berbagai macam bentuk minuman siap saji.

Poskan Komentar

Silahkan Booking melalui formulir komentar dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan alamat e-mail atau
kontak telepon/WA +62 812-8265-733 untuk segera bisa kami hubungi.