9.18.2015

Karedok Leunca ala Banyu Sagara

karedok leunca
Masyarakat Pangandaran, lebih banyak didominasi oleh Suku Sunda, yang kita semua kenal dengan keahliannya mengolah bahan-bahan mentah, jenis sayur-sayuran yang diolah tanpa dimasak menjadi aneka makanan yang lezat dan nikmat, sebut saja diantaranya adalah lalapan dan karedok.

Karedok adalah salah satu resep tradisional khas Sunda, dan diolah dari bahan-bahan sayuran mentah seperti kol, kacang panjang, daun kemangi dan terong. di masyarakat Sunda sendiri mengenal beberapa macam karedok, di antaranya adalah karedok biasa (sayuran), karedok leunca, dan karedok kacang panjang. Karedok yang lebih banyak dikenal masyarakat umum adalah karedok sayuran.

"Tapi kenapa dinamai dengan Karedok yah?, seperti nama daerah atau perkampungan saja..?" memang demikian kisah dan legendanya. Kisahnya resep makanan Karedok ini berasal dari Desa Karedok, yang berada di Kecamatan Jati Gede, Kabupaten Sumedang. Asal usul Desa Karedok konon berawal dari sebuah perkampungan yang terletak di seberang Sungai Cimanuk. Daerah ini dulunya merupakan wilayah Sumedang Larang atau Negara Mayeuti (sebutan orang pada saat itu).

Resep Karedok Leunca ala Banyu Segara

tumis kangkung kuliner sunda nikmatnya karedok leunca
Membuat sendiri resep Karedok Leunca sangatlah sederhana, karena bahan dasarnya hanya menggunakan Leunca atau Ranti (Solanum nigrum L.) dan Kemangi atau surawung secukupnya sebagai penambah rasa dan selera. Untuk membuat sendiri dirumah anda bisa mencoba resep Umi atau resep masakan kreatif. Dari sisi nutrisi, jelas sekali karedok itu sangat sehat, karena semua sayuran itu tidak dimasak terlebih dahulu sehingga kandungan gizinya masih utuh.

Tapi bagi anda yang sudah berada di Green Canyon (Cukang Taneuh), hanya berjarak kurang lebih 500 meter dari parkir timur menuju arah Pangandaran, anda akan menemukan restauran lokal "Banyu Sagara" yang sangat terkenal dengan goyang lidah segala resep sambal pedas ala Sundanya.

ikan bakar banyu sagara

Banyu Sagara, menyajikan beragam menu ikan bakar (laut dan tawar), aneka seafood, ayam bakar dan aneka masakan Sunda. Nasi Liwet dan Sambal Dadakannya juara...

Dengan fasilitas parkir yang cukup memadai, ruang makan lesehannya sanggup menampung lebih dari 100 orang. Team Go Green Canyon pun jadi langganan santap siang selepas kegiatan Body Rafting seharian..


Posting Komentar

Silahkan Booking melalui formulir komentar dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan alamat e-mail atau
kontak telepon/WA +62 812-8265-733 untuk segera bisa kami hubungi.