9.12.2014

Tips Wisata ke Green Canyon Pangandaran

serunya wisata body rafting di Green Canyon
Anda merencanakan wisata di Green Canyon, yang sekarang ini lagi populer sebagai tujuan wisata alam penting di Jawa Barat. Simak beberapa catatan penting berikut ini, penting menjadi panduan dan wisata anda bersama keluarga dan rombongan lebih memuaskan.

#1 Rute Perjalanan dari Jakarta



Lokasi Green Canyon (Cukang Taneuh) berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berangkat dari Jakarta menggunakan mobil rute terbaik adalah dari Bandung menuju Tasikmalaya - Ciamis - Kota Banjar - Pangandaran - Parigi lalu Cijulang (Green Canyon) atau disebut jalur Timur dengan jarak tempuh 170 km. Sedangkan jalur Selatan melewati kota Tasik, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk lalu Cijulang, dengan jarak kurang lebih 60 km.
Meskipun jalur selatan lebih pendek, rute ini tidak disarankan untuk anda. Kondisi jalan rusak parah dan aktifitas truk pengangkut pasir menambah kepadatan jalan sehingga memakan waktu lebih lama dari jarak yang diperhitungkan.
Dari Jakarta, anda akan menempuh perjalanan normal 7-8 Jam (dari Bandung waktu tempuh 5-6 jam), karena anda akan menempuh jarak tempuh sekitar 333 Km persiapkan sopir cadangan untuk saling bergantian, atau istirahat yang cukup tiap 3 jam perjalanan di beberapa lokasi rest area, di Bandung atau di kota Banjar. Waktu berangkat yang nyaman adalah malam hari, jika ini adalah liburan weekend waktu yang tepat berangkat pada Jum'at malam.

#2 Waktu yang paling tepat adalah pagi, hari biasa dan musim kemarau

Menikmati saat-saat yang tenang di Green Canyon adalah saat hari biasa di musim kemarau. Tiap weekend apalagi liburan Nasional dan sekolah, lokasi ini sarat dan padat dengan pengunjung. Jika memang terpaksa harus memilih waktu saat high season, upayakan bisa datang lebih pagi di Green Canyon untuk menghindari antri perahu. Setiap hari loket dibuka mulai pukul 07.30 WIB dan tutup pada 16.00 WIB.

#3 Siapkan uang yang Cukup

perahu wisata memasuki pintu gerbang green canyon
Body Rafting rame-rame bareng keluarga atau teman, pasti seru dan biaya lebih ringan 
di obyek wisata ini tidak tersedia ATM, terakhir anda bisa menjumpai ATM di POM Bensin di tengah perjalanan Pangandaran - Cukang Taneuh. Dan yang paling penting, untuk bisa sampai menikmati Green Canyon, satu-satunya transportasi yang bisa digunakan adalah perahu motor wisata yang bisa diisi 5 orang penumpang. Sewa per perahu untuk pulang pergi dermaga - Green Canyon anda dikenai sekitar Rp. 150.000,-/perahu lengkap dengan retribusi masuk dan asuransi. Berangkat bersama rombongan tentu lebih meringankan dibanding cuma berdua atau sendiri.

Tentu sangat sayang jauh dan lamanya perjalanan kalo hanya sampai di pemberhentian perahu terakhir, berenang melawan arus sungai Cijulang mempunyai kesan mendalam dan sudah pasti berbasah-basahan. Persiapkan uang tambahan untuk sewa pelampung pengaman (life jacket) dan tips pemandu untuk keamanan anda selama pengarungan.

#4 Perlengkapan Penting yang patut dibawa

loncat
Jangan lupa abadikan momen-momen seru anda selama body rafting di Green Canyon
yang pasti adalah baju ganti, pilihan lainnya adalah sebaiknya anda bawa Kamera tahan air. Jika hanya ada kamera biasa atau hp, para pemandu akan mempersiapkan drybag untuk tetap aman dan narsis. Perlu diingat, berdasarka pengalaman waktu pengarungan sungai dengan body rafting lebih lama dari jadwal karena saking seringnya photo-photo..hehehe

#5 Banyak pilihan Kuliner lokal

setelah berenang dan lapar kedinginan, di area parkir semua fasilitas cukup lengkap dan tersedia berbagai jenis makanan di warung-warung lokal, toilet umum dan pernak-pernik merchandise yang ditawarkan para pedagang.
Khusus untuk aktivitas Body Rafting, wajib sebelum berangkat anda harus sarapan. Perut yang kosong lebih mudah terserang kram perut karena cukup lama badan anda akan terendam air sungai yang dingin
Jika anda membawa rombongan besar dan perlu tempat makan yang luas agar lebih leluasa, anda tidak harus ke Pangandaran, karena saat ini tidak jauh dari lokasi parkir cukup banyak restauran-restauran lokal yang akan memenuhi selera makan anda selepas Body Rafting.

#6 Menginap di Batu Karas, pantainya Pemburu ombak yang hening

penginapan pondok cowet
Pondok Cowet, salah satu alternatif penginapan di Batu Karas
Di sekitar Green Canyon, tidak banyak pilihan penginapan dan hotel layaknya di Pangandaran kecuali homestay, rumah masyarakat yang disewakan seluruhnya atau sekedar kamar. Dengan harga sewa yang merakyat, jangan berharap mendapat layanan layaknya menginap di hotel, tapi juga tidak akan mengecewakan anda dengan layanan penuh "kekeluargaan", masyarakat sekitar sangat menghormati tamu-tamunya dengan baik dan ramah. Pesan makanan dengan masakan "rumah" pun anda juga bisa dilayani dengan baik.

Pilihan menginap lainnya anda bisa memilih hotel di pantai Batu Karas, dapat di jangkau tidak jauh dari Green Canyon,  hanya 15 menit dengan kendaraan anda sudah bisa merasakan deburan ombaknya. Di Batu Karas, tempat yang ideal untuk bersepi menikmati ombak dan belajar surfing, lengkap sudah wisata anda, air asin dan tawar melengkapi liburan akhir pekan anda dan keluarga.

#7 Kunjungi destinasi lainnya yang tidak jauh dari Green Canyon

surfing di pantai batu karas
Berwisata di Green Canyon, kami sarankan anda mengatur waktu cukup baik. Pilihan waktu selama tiga hari dan dua malam adalah yang ideal dan cukup, kurang dari itu anda tidak akan berkesempatan berkunjung ke beberapa lokasi menarik lainnya yang berdekatan dengan Green Canyon. Selain Pangandaran, masih ada beberapa destinasi lainnya yang patut dipertimbangkan, Taman Wisata & Cagar Alam Pananjung, pantai karang tajam Batu Hiu dan Penangkaran Penyu Batu Hiu, pantai Batu Karas dan pantai Mandasari. Lokasi yang perlu dipertimbangkan untuk dikunjungi

#8 Satu jam atau Tiga jam di Green Canyon?

semi body rafting
Semi Body Rafting, dimulai dari dermaga Ciseurueh dengan perahu wisata hingga Green Canyon. Dilanjutkan dengan berenang di sekitarnya sekitar 500 meter dengan durasi kurang dari satu jam. Sewa life jacket dan pemandu adalah biaya diluar sewa perahu yang dibeli di loket masuk.

Full Body Rafting, untuk minimal sepuluh orang dan didampingi oleh dua orang pemandu yang berangkat dari hulu sungai Cijulang dan menempuh jarak pengarungan sejauh 5 km atau dengan durasi 3-4 jam

Poskan Komentar

Silahkan Booking melalui formulir komentar dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan alamat e-mail atau
kontak telepon/WA +62 812-8265-733 untuk segera bisa kami hubungi.